Potensi dan Sumber Daya Desa Sampok

  • Aug 30, 2023

1. Pertanian

a. Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura

Desa Sampok memiliki relief daerah Pegunungan Akan tetapi daerah sumber air baku yang ada hanya mengandalkan curah hujan Letak geografis kabupaten Pati yang sangat sedikit curah hujannya maka kabupaten Pati termasuk daerah pertanian tadah hujan Kondisi tersebut mengakibatkan daerah ini sangat cocok sebagai daerah pertanian tadah hujan Akan tetapi desa Desa Sampok merupakan salah satu desa penyangga ekonomi kabupaten Pati disektor sektor pertanian. Melihat kondisi seperti ini, maka jenis tanaman yang cukup produktif untuk dikembangkan pada saat musim penghujan tanaman Ketela Sedangkan tanaman palawija yang juga ditananam pasca panen Ketela adalah jagung.. tanaman holtikultura lombok.

b. Peternakan

Populasi peternakan yang dikembangkan masyarakat Desa Sampok cukup berhasil Selain bekerja sebagai petani mereka juga berusaha melalui usaha peternakan seperti sapi, kambing, ayam dan lebah penghasil madu. Selain sebagai tabungan yang sewaktu waktu dapat cepat dijual apabila ada kebutuhan mendesak, juga untuk dikembangkan sebagai penyangga kebutuhan ternak untuk mensuplai daging dalam negeri. 

c. Kehutanan dan Perkebunan

Dibidang kehutanan dan perkebunan Desa Sampok juga potensial untuk dikembangkan untuk usaha kehutanan dan perkebunan. Terbukti luas areal sawah kering / perkampungan yang digunakan untuk usaha perkebunan dan hutan rakyat juga sangat berhasil Tanaman perkebunan yang ditanam pada saat musim kemarau seperti tembakau juga berhasil dikembangkan di Desa Sampok, sehingga dapat mengoptimalkan lahan kering untuk kegiatan ekonomi produktif.